Thursday, March 24, 2011

Percaya Di Depan Kelas

Posted by Mufti on 12:42 AM

Menjadi Trainer dan Pembicara handal dengan NLP Time Edit
Diawal sesi saya melakukan pilar pertama dari empat pilar NLP yang ada yaitu What do you want? (Well Formed Outcome). Bagi pembaca yang belum tahu apa itu Well Formed Outcome, secara singkat penjelasannya adalah dimana Langkah pertama untuk sukses yaitu dengan mengetahui apa Outcome (goal) kita. Saya mulai dengan menanyai satu persatu mahasiswa peserta kuliah apa yang diinginkan dari kuliah hari ini. Karena ini kelas akademik dan jumlah mahasiswanya hanya 22 orang, saya menanyakan secara langsung (direct), berbeda dengan biasanya dalam kelas pelatihan dengan menggunakan Ice Breaker atau aktivitas-aktivitas.


Ternyata 100% mahasiswa menyatakan ingin menjadi lebih PD (percaya diri) dalam menyampaikan materi didepan audience. Karena ini mahasiswa semester akhir dan sudah mendapatkan segala macam mata kuliah tentang Training Need Analaysis (TNA), Teori Organisasi, Teori Motivasi, Training Design, Training Method, dll. Maka saya langsung merubah kelas saya dengan memberikan nuansa pelatihan presentasi langsung kepada mahasiswa dengan menggunakan disiplin ilmu saya yaitu NLP.

Saya minta salah seorang mahasiswa yang tidak PD-nya paling besar maju kedepan menjadi sukarelawan. Saya menggunakan Time Edit Technique, yaitu sebuah teknik yang digunakan untuk merubah perilaku seseorang dari sebelumnya tidak mempunyai kemampuan menjadi mempunyai kemampuan seperti yang diinginkan. Salh satunya kemampuan untuk melakukan presentasi dengan PD dihadapan audience.
Setelah peserta tersebut maju kedepan, langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

1. Pertama, silahkan anda melakukan presentasi dengan materi apapun di depan kelas selama maksimal 5 menit.

2. Setelah 5 menit presentasi, saya minta mahasiswa tersebut menghitung jumlah bangku kuliah yang ada diruangan (breaking state technique)

3. Kemudian rileks dan ambil nafas panjang.

4. Silahkan bayangkan dan ingatlah detil ketika 5 menit tadi anda presentasi didepan kelas dengan mata anda (eye cue) melihat kekiri atas (Vr)

5. Kemudian bayangkanlah presentasi yang anda inginkan secara jelas dan detail, baik bentuk intonasi anda, bahasa tubuh anda, dll. sambil mata anda melihat kekanan atas (Vr)

6. Apabila selesai, lihatlah mata anda ke kanan bawah (K) dengan merasakan bagaimana anda presentasi didepan kelas yang anda inginkan tadi… resapilah perasaan anda.
.:: untuk langkah nomor 3, 4 dan 5 lama waktu jangan dibatasi .::

7. Bila sudah, Silahkan gerakkan bola mata anda ke arah kiri atas (Vc) “satu” kemudian kanan atas (Vr) “dua” dan kanan bawah (K) “tiga” dengan cepat sebanyak delapan kali.

8. Silahkan presentasi kembali didepan kelas

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site