Tuesday, March 15, 2011

Setelah Diterjang Angin Topan, Australia Terendam Banjir

Posted by Mufti on 2:10 AM

Rumah yang hancur diterjang Angin Yasi (Foto: Reuters)
Rumah yang hancur diterjang Angin Yasi (Foto: Reuters)
BRISBANE – Hujan lebat di Australia menyebabkan banjir dan membuat banyak kota terisolasi. Padahal keadaan Australia masih kacau akibat sapuan angin topan yang melanda bulan lalu.

Badai dengan curah hujan 241 mm yang turun sejak Rabu kemarin hingga pada Kamis 10 Maret menyebabkan kota di utara Queensland terendam banjir sedalam paha orang dewasa. Banjir tersebut merendam kota yang masih dikotori oleh sisa-sisa bangunan yang terkoyak akibat Angin Yasi.
“Ini cukup menyedihkan karena Anda pikir bencana yang lalu akan segera berakhir, tapi bencana lain datang,” kata seorang pensiunan Rita Porter, yang tinggal di kota yang hancur karena bencana, Cardwell, seperti dikutip AFP, Kamis (10/3/2011).

Cardwell terisolasi karena banjir yang terus meninggi. Sementara para penduduk mengatakan mereka mulai kehabisan persediaan makanan. Ramalan cuaca memperingatkan badai yang lebih besar akan datang dengan curah hujan yang lebih lebat dan kemungkinan terjadi banjir pada Kamis dan Jumat pekan ini.

“Hari ini dan besok akan ada badai yang lebih buruk. Karena bendungan sudah penuh, maka ketika hujan deras akan lebih mudah terjadi banjir,” ujar peramal cuaca Bryan Rolstone.

Queensland dilanda bencana alam secara terus-menerus selama dua bulan terakhir.

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site